Dewan Pimpinan Daerah LDII OKU Timur mengadakan pembinaan generus tentang Cinta Alam Indonesia (CAI). Acara yang digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 24 – 26 Juli 2009 diikuti oleh para peserta dari seluruh utusan PAC dan PC sekabupaten OKU Timur.
Acara seperti ini menurut Ketua DPD LDII OKU Timur, Kholidin, SP adalah sebagai wahana untuk membina terhadap generasi muda dalam rangka untuk mencintai tanah air Indonesia dan pembinaan akhlak generasi muda sehingga bisa selalu untuk menjaga keutuhan dan kelangsungan alam Indonesia supaya tetap terjaga dengan baik. Pembinaan yang disampaikan meliputi wawasan kenusantaraan dan pembinaan akhlak yang baik sehingga terbentuk generasi muda yang tanggap, tangguh dan tahan uji sebagai penerus dan pengemban amanat bangsa.
Materi yang disampaikan merupakan materi yang mencakup wawasan nusantara dan wawasan pembentukan kepribadian dan akhlak yang baik (akhlakul karimah) dan ditambah materi simulasi kerjasama team (outbound) walaupun skalanya masih sederhana.
Menurut Ketua DPD LDII OKU Timur, Kholidin, SP acara seperti ini merupakan acara yang digelar setiap tahun dan menurut rencana untuk tahun tahun depan materi out bound akan diperbanyak dan diperlengkap sebagai wahana simulasi pembentukan kepribadian yang baik.