Internet, Layaknya peralatan yang dibuat pleh manusia mempunyai kemampuan dan kegunaan yang sangat banyak. Manfaat yang diperoleh menjadi beragam tergantung kemampuan dan kebutuhan pemakai. Sebagai gambaran, jika seorang pengguna internet (netter) hanya membutuhkan gambar cabul maka yang akan didapatkannya di internet memang gambar-gambar tersebut. Hal ini tentu sangat merugikan dan sangat kurang efektif dan efisien karena anda akan banyak kehilangan waktu, tenaga, pikiran, dan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga dari media yang bernama internet. Berikut ini adalah beberapa tips atau kiat memanfaatkan internet agar hemat, efisien, dan efektif.
1. Niat yang baik
Niat ini seperti juga dalam Sholat atau berdoa menjadi tahapan kunci dari seluruh keberhasilan dalam memanfaatkan internet. Misalnya jika anda berniat untuk menggunakan internet untuk mencari berita yang menghujat meka yang anda perolah adalah berbagai macam hujatan. Jika anda berniat untuk menjadi kaya maka Insya Alloh yang akan anda peroleh adalah informasi untuk menjadi kaya mungkin berupa bisnis atau usaha yang menarik yang dapat menjadikan anda lebih kaya. Intinya hasil yang akan diperoleh ssangat ditentukan oleh niat awal anda. Yang sangat berbahaya adalah orang yang tidak tahu apa yang dia inginkan pada saat masuk ke internet karena internet merupakan tempat yang sangat mudah untuk sesat atau menuju jalan yang sesat.

2. Belajar Menyambung ke Internet
Tahapan ini adalah tahapan yang paling sederhana seperti belajar cara menyambungkan komputer ke internet, belajar mengambil email, dan belajar melakukan browsing di Web. Tahapan ini umumnya dapat dilalui dalam periode yang cukup singkat. Akan tetapi untuk memulai tahapan ini, umumnya kebanyakan orang harus melampaui suatu halangan kultural/budaya yang cukup besar. Misalnya masih banyak yang beranggapan bahwa dunia internet dan komputer adalah dunia yang sangat rumit. Ada lagi yang berpikiran bahwa internet sangat mahal. Tetapi apabila sudah tahu cara sederhana dan efisien untuk mengaitkan diri ke internet, orang mulai tertarik dan dapat dengan mudah berinteraksi melalui internet seperti halnya menggunakan telepon atau mesin faxcimile.

3. Belajar Mengambil/membaca Informasi
Pada tahapan ini arahkanlah diri anda untuk membaca, mengambil informasi secara efisien. Web dapat digunakan seperlunya untuk memperoleh informasi maupun untuk pembanding berbagai informasi yang ada. Pengetahuan berbagai hal dapat anda bangun dengan cara membaca. Mailing list/fasilitas diskusi di internet ada baiknya diikuti secara spesifik yang betul-betul sesuai dengan kesukaan anda. Anda harus selektif mengambil informasi berlangganan mailing list atau newsgroup supaya didapatkan manfaat yang maksimal. Pada tahapan ini anda sebenarnya berhadapan dengan budaya Indonesia yang paling mendasar, yaitu kebanyakan bangsa masyarakat Indonesia lebih menyukai budaya “oral” (ucapan) dalam menyampaikan ide atau segala sesuatunya, berbeda dengan budaya internet yang merupakan budaya baca dan tulis. Hal ini akan menjadi penghambat yang utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk dapat belajar membaca informasi.

4. Belajar cara belajar (learn how to learn)
Jika berpartisipasi dalam mailing list atu newsgroup, anda sebaiknya memperhatikan diskusi yang berlangsung dalam mailing list atau newsgroup tersebut. Kenali semua player yang ada dan kenali baik-baik tata cara berdiskusi yang ada. Hindari spam untuk menjaga nama baik anda. Hal-hal diatas perlu diketahui sebelum anda terjun untuk berpartispasi dalam diskusi tersebut.
Belajar untuk terbuka dan menerima pendapat orang lain, belajar untuk berargumentasi atau berdebat secara bijak, menghargai pendapat orang lain, terbuka pada ide-ide, pendapat dan ilmu-ilmu baru. Hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam memahami ilmu dari internet.
Kemampuan anda untuk menganalisa berbagai masukan dan menatanya dalam sebuah pengetahuan nantinya akan menjadi kunci keberhasilan dalam pengembangan pengetahuan anda secara keseluruhan. Setelah melewati tahap ini anda harusnya menjadi lebih berwawasan dan lebih bijaksana.

5. Belajar untuk menghasilalkan pengetahuan dan informasi
Pengetahuan yang dikumpulkan dari berbagai sumber setelah melalui proses analis dan sintesis dapat disebarkan kembali dan dipublikaasikan melalui internet yang merupakan media yang sangat baik untuk proses diseminasi pengetahuan baik dalam bentuk Web yang sifatnya satu arah, maupun melalui mailing list atau newsgroup yang sifatnya interaktif dua arah.
Kemampuan untuk menjadi produsen informasi atau pengetahuan akan menjadi kunci utama keberhasilan anda dalam berkarya melalui internet. Bentuk sederhana dari produsen informasi ini misalnya seseorang yang mempunyai Web pribadi yang berisi buku, tulisan-tulisan, software, dan hasil karya lainnya berupa foto atau blue print.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat menggugah bagi anda yang ingin memanfaatkan internet sehingga dapat mengarahkan dirinya ke hal-hal yang menguntungkan dalam menggunakan internet.