Anak tidak memisahkan bermain dan bekerja. Bagi anak, bermain merupakan seluruh aktifitas anak termasuk bekerja, kesenangannya, dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia. Bermain tidak sekedar mengisi waktu, tetapi merupakankebutuhan anak seperti halnya makanan, perawatan, cinta kasih dll.

Anak memerlukan variasi permainan untuk kesehatan fisik, mental, dan perkembangannya emosinya. Melalui bermain, anak tidak hanya menstimulasi pertumbuhan otot – ototnya, tetapi lebih dari itu. Anak tidak sekedar melompat, melempar, atau berlari. Tetapi mereka bermain dengan menggunakan seluruh emosinya, perasaannya dan pikirannya.

Kesenangan merupakan salah statu elemen pokok dalam bermain. Anak akan bermainsepanjang aktifitas tersbut menghiburnya. Pada saat mereka bosan, mereka akan berhenti bermain.

Bermain bukan berarti membuang -buang waktu, juga bukan berarti membuat si anak menjadi sibuk sementara orang tuanya mengerjakan pekerjaannya sendiri. Tetapi melalui bermain mereka mendapatkan pengalaman hidup yang nyata. Dengan bermain anak akan menemukan kekuatan serta kelemahannnya sendiri, minatnya, cara menyelesaikan masalah dll.

Bermain adalah unsur yang penting untuk perkenmbangan anak baik fisik, emosi, mental, intelektual, kreativitas dan social. Anak yang mendapat kesempatan cukup untuk bermain akan menjadi orang dewasa yang mudah berteman, kreatif dan cerdas bila dibandingkan dengan mereka yang masa kecilnya kurang mendapat kesempatan bermain.

Dr. Soetjiningsih, SpAK. Tumbuh kembang Anak. EGC