BUPATI OKU TIMUR MEMBUKA KHATAMAN HADITS SUNAN IBNU MAJAH JUZ 2

Bupati Herman Deru, SH, MM Sedang Memberikan Sambutan Sekaligus Membuka Secara Resmi Acara Khataman

Pada hari Senin tanggal 17 Mei 2010 bertempat di Masjid Ponpes Nurul Huda desa Tugu Harum kecamatan Belitang Madang Raya, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) OKU Timur mengadakan Acara Khataman Hadits Sunan Ibnu Majah Juz 2. Para peserta adalah muballegh dan muballeghot yang berasal dari utusan PC dan PAC LDII di OKU Timur. Bahkan ada peserta dari utusan kabupaten OKU dan kabupaten OKU Selatan. Acara khataman hadits ini disampaikan oleh Dewan Guru LDII OKU Timur, adapun penyampainya adalah Ustad Rinto Triwibowo dan Ustad Budiyanto.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati OKU Timur, H. Herman Deru, SH, MM. Dalam sambutannya, Bupati OKU Timur menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya terhadap LDII yang telah ikut berperan aktif dalam pembinaan umat. Dalam penilainnya, LDII adalah sama seperti Ormas Islam yang lain seperti dengan NU dan Muhammadiyah, sama syahadatnya, sama kitabnya, sama kiblatnya sehingga tidak perlu diragukan lagi dengan keberadaan LDII. Sebab menurut Bupati masih ada saja segelintir orang yang masih menilai negatif terhadap LDII, dan Bupati sendiri nanti yang menangkis dan menerangkan tentang stigma negatif tersebut. Sehingga pada kesempatan tersebut Bupati Herman Deru, SH, MM berkenan menguatkan sekaligus mengukuhkan Pengurus Harian DPD LDII OKU Timur yang baru menggantikan kepengurusan yang lama karena sudah berakhir masa baktinya.

“LDII sebagai salah satu Ormas Islam, saya memberikan apresiasi atas perannya, sekaligus untuk mengembangkan LDII itu sendiri di OKU Timur, sehingga ke depan menjadi organisasi yang lebih familiar lagi. Sekarang imej masyarakat umum tentang LDII adalah organisasi yang eksklusif, dan inilah yang menjadi perhatian untuk dirubahnya”, ungkap Bupati Deru. “Dengan mengadakan acara khataman hadits Sunan Ibnu Majah ini, kita akan tahu bahwa betapa lengkap dan sempurnanya agama Islam itu, karena mau dikajinya. Dan sebenarnya sumber segala hukum sebenarnya sudah ada dalam Islam, yaitu Al Qur’an dan Hadits Nabi”,

Pembukaan acara Khataman dibuka secara simbolis dengan penyematan tanda peserta oleh Bupati kepada salah satu peserta. Acara khataman ini direncanakan selesai dalam waktu sepuluh hari yaitu sampai tanggal 26 Mei 2010.

Ketua DPD LDII OKU Timur, H. Mulyanto, S.Pd juga menerangkan bahwa acara khataman ini merupakan agenda kegiatan LDII dalam rangka untuk mendalami ajaran Islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits Nabi untuk meningkatkan iman dan takwa dan dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat. Acara ini juga untuk mempererat ukhuwah Islamiyah di antara sesama.

Pada kesempatan tersebut, Bupati OKU Timur dan tamu undangan yang lain juga berkenan mengikuti penyampaian materi khataman hadits Ibnu Majah Juz 2. Bupati sangat terkesan dengan metode dan cara penyampaian materi pendalaman Al Hadits yang dilakukan di LDII, sebagai bentuk apresiasi kepada LDII OKU Timur, Bupati Herman Deru memberikan hadiah umroh untuk dua orang dari LDII dan juga memberikan sumbangan berupa uang sebesar 5 juta rupiah. Acara ditutup dengan doa yang disampaikan oleh Ketua MUI OKU Timur, K.H. Fachrudin, S.Ag dilanjutkan dengan sholat Dhuhur secara berjamaah di masjid Nurul Huda. Acara ramah tamah juga berlangsung dengan akrab antara para Pengurus Harian DPD LDII OKU Timur dengan rombongan Bupati.

FOTO-FOTO BERLANGSUNGNYA ACARA

Penyematan Tanda Peserta Secara Simbolis Oleh Bupati Herman Deru

Ustadz Rinto Triwibowo sedang menyampaikan Materi Pengkajian Hadits Sunan Ibnu Majah Juz 2

Bupati Herman Deru Beserta Staff Khusyu Mengikuti Acara Penyampaian Hadits Ibnu Majah Juz 2

Bupati dan Peserta Khataman Serius Mendengarkan Penyampaian Hadits Sunan Ibnu Majah Juz 2

Ketua MUI OKU Timur, KH. Fachrudin, S.Ag Membacakan Doa

Peserta khusyu memanjatkan doa yang dibacakan oleh ketua MUI OKU Timur

Para Peserta Wanita Bludak Sampai di Luar Masjid

Peserta Wanita Membludak Sampai di Luar Masjid

Suasana Penuh Kekeluargaan dan keakraban Makan Siang Staff Bupati beserta Rombongan

Suasana Akrab Makan Siang Bersama Bupati dan Pengurus DPD LDII OKU Timur

Bupati Herman Deru Sedang diwanwancara TVRI