Bandung (Pinmas)–Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengharapkan vaksin meningitis yang dinyatakan halal bagi jemaah haji, sudah sampai ke Indonesia awal September mendatang.
“Sudah proses pengadaan, kapan masuknya yang penting saya harapkan pada awal-awal Bulan Puasa atau 1 September nanti sudah bisa masuk,” kata Endang Rahayu Sedyaningsih di Hotel Horison Bandung, Rabu.
Menkes menegaskan telah menyerahkan sepenuhnya persoalan halal atau haram dalam vaksin meningitis yang wajib digunakan calon jamaah haji dan umrah Indonesia kepada MUI.
“Depkes tidak berhak untuk memberikan keputusan vaksin ini halal atau tidak bisa. Kita tidak mempengaruhi ketentuan halal dan haram sebuah vaksin. Halal dan haram adalah wilayah ulama,” katanya.
Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan sertifikat halal untuk vaksin meningitis produksi Novartis Vaccines and Diagnostics Srl dari Italia dan Zhejiang Tianyuan Bio-Pharmaceutical dari China.
Dengan terbitnya sertifikat halal, fatwa yang membolehkan penggunaan vaksin meningitis terpapar zat mengandung unsur babi karena belum ada vaksin yang halal menjadi tak berlaku lagi. (http//www.kemenag.go.id)