Spam adalah email sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita tanpa kita kehendaki. Isi dari spam tersebut bermacam-macam, dari hanya sekedar menawarkan produk dan jasa hingga penipuan berkedok bisnis kerjasama, dari tawaran multi level marketing, hadiah lotre, dana bantuan hingga penyebaran virus. Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir masuknya spam ke mailbox kita, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan di antaranya:

1. Tak usah merespon/menjawab/membalas email yang dikirim dari orang yang tidak kita kenal
2. Waspadalah mengirimkan email remove, unsubcribe atau sejenisnya ke pengirim spam (spammer) justru akan memberikan informasi bahwa email kita aktif kepada mereka. Hal ini akan berakibat semakin membanjirnya spam ke mailbox kita.
3. Jangan pernah membuka atau mengklik link situs yang ditawarkan atau diinformasikan oleh email yang kita tidak kenal pengirimnya.
4. Buatlah dan gunakan alamat email yang berbeda untuk tiap keperluan. Bedakan email yang digunakan untuk keperluan pribadi termasuk keperluan sekolah ataupun keperluan pekerjaan dengan email yang untuk keperluan mendaftar di mailing list tertentu atau mengisi suatu formulir online di sebuah situs.
5. Hindari memberikan alamat email pribadi ke sembarang orang termasuk memasang di situs personal ataupun resmi, blog, facebook, friendster ataupun MY space.
6. Jika tetap harus menyantumkan email di situs, maka gantilah tanda “@” dengan “(at)” agar tidak terbaca oleh program otomatis yang mendeteksi alamat email milik spammer. Contoh :donnybu(at)lictwatch.com
7. Jika menerima spam lokal (berbahasa Indonesia) segera hubungi team khusus penanggulangan spam nasional melalui email : abuse@apjil.or.id
8. Apabila diperlukan, pasang software antispam di komputer anda, misalnya software MailWasher.
9. Aktifkan fitur anti spam di layanan email yang akan anda lakukan. Biasanya account email di Yahoo Gmail ataupun Hotmail memiliki fitur anti spam. Sejumlah ISP terkemuka di Indonesia juga telah melindungi email para pelanggannya dengan anti spam. Tanyakanlah kepada ISP langganan anda.
10. Bacalah informasi terkini tentang perkembangan spam secara global/internasional serta penanggulangannya di situs http://www.spamhaus.org.
(Depkominfo, Intenet Sehat)