Oleh : Averdi Dharmawan

Kiat sehat ini jika dipraktekkan insaallah akan meningkatkan derajat kesehatam kita.

Yaitu:
1.Meningkatkan daya tahan tubuh (Mengolah pikirin menjadi sealu positif / positif thingking/ husnudzon billah, konsumsi makanan sehat dan halal)

2.Bernafas efektif, lakukansehari 3 x seperti minumam obat (pg, siang sr) lakukan minimal 10 dengan ritual tarik napas: tahan napas: hembuskan napas ; dengan perbandingn 1:4:2 (jika tarik napas 5 hitungan, maka tahan 4 x 5 dan hembuskan 2 x 5 melalui mulut)

3.Sikap duduk dan berdiri selalu sikap tegak dan tinggi dengan mengangkat tulang rusuk dan membusungkan dada, ini untuk kesehatan tulang belakang menghindari serabut saraf ke jepit n menghindari sakit pinggang. Sikap ini akan menampilkanoptimis dan percaya diri.

4.Olah raga 4-6 x perminggu (aerobik, jalan, bereng dsb) minimal 30 menit.

5.Minum air putih minimal 8 gelas sehari (2 liter), dianjurkan kemana-mana hrs bawa air putih sehingga dapat minum air putih lebih dr 8 gelas, fungsinya detoksifikasi, juga akan kulit dan wajah akan semakin cerah.

6.Makan makanan kaya air dan serat ( buah-buahan dan sayuran) selain itu banyak mengandung ko-enzim dan antioksidant yang akan menghambat prekusor tumor dan penyakit lain yang berbahaya.

7.Saat lapar, tapi bukan jadwal makan jangan ngemil tapi makan buah yg manis (pepaya , semanggka) kadar glukosanya tetap tinggi tp tidak akan berlebihan

8.Mengkombinasikan makanan. (saat makan besar ; breakfast, lunch, dinner) mulailah dengan buah , kalo sedang diet ketat minum air putih dulu , makan sayur bersama nasi, ikan dan protein agar terpisah dalam kunyahannya.

9.Hindari mengkonsumsi lemak jenuh ( susu berlemak, mentega, keju, goreng-gorengan dan daging berlemak dan jeroan ) karena sejak dalam usus sdh langsung menuju pembentukan kolesterol dalam bentuk kilomikron tanpa metabolisme panjang. (kolesterol terbuat dari cadangan makanan yg berlebihan, termasuk karbohidrat dan protein) , jadi usahakan makan jgn berlebih, usahakan kalo tidak lapar jangan makan, kalo lapar tapi belum waktunya makan konsumsi cukup buah yg rasanya manis, kalo sdh waktunya makan, ingat kombinasi mengunyah dan urutan yg dimakan)

10.Usahakan pH darah mendekati basa (7,365) untuk menghindari pertumbuhan mikroorganisme dalam darah secara sistemik (virus, bakteri dan jamur) dan hindari karbohidrat berlebih (gula), nikotin, alkohol, cuka, kafein dan obat-obatan kecuali resep dokter.

INDIKATOR KESEHATAN :
1.Status gizi dengan menghitung Indek Masa Tubuh (IMT) dengan rumus IMT :BB/TB2 (Jika IMT 17<19<25<30 kriteria kurang gizi , kurus, normal, gemuk)
2.Tekana darah (sistolik 120<140<160,kriteria normal, prahipertensi, hipertensi. Diastole 80<90<100)
3.Kolesterol ( jika 200< 250< 300, kriteria normal, hati2, emergency)
4.Gula darah (120 < 200 < 250 , normal, hati2 , DM (kencing manis).

Referenci :
1. Strategi Pengembangan diri dari jen Z.A Hans
2. Biokimia dasar mata kuliah metabolisme Biomedik Dr.Parwati